1.500 Utusan Indonesia Ikuti Jambore Dunia di Korea Selatan

BERITA51 Dilihat

PEKANBARU – Dari 1.500 utusan Indonesia, 6 diantaranya utusan dari Riau, ikuti Jambore Dunia 25 atau 25th World Scout Jamboree di Saemanguem, Provinsi Jeollabuk-do, Korea Selatan.

Acara tersebut berlangsung pada 1 hingga 12 Agustus 2023. Diikuti oleh utusan 170 National Scout Organization (NSO) termasuk Indonesia yang diperkirakan mengirimkan 1.500 anggota Gerakan Pramuka.

Ke-6 utusan Riau itu dilepas secara resmi Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau Boby Rachmat yang mewakili Gubernur Riau Syamsuar di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah Riau.

Enam utusan Riau itu merupakan pramuka penggalang. Mereka didampingi seorang International Service Team (IST).

Peserta yang akan mengikuti Jambore Dunia tersebut adalah Rafli Dzakirah, Addini Salsabila, Amanda Kayla Iskandar, Hana Lathifah Azzahra, Safira Nailah Kayyisah, dan Shady Hazellana Aquene.

Sedangkan International Service Team yang mendampingi adalah Alfa Frisa Septania.

Mewakili Gubernur Riau, Boby Rachmat mengatakan bahwa Jambore Dunia merupakan pertemuan anggota Pramuka se-dunia yang dikemas secara menarik, menantang dan penuh kreasi bagi adik-adik Pramuka.

Dimana seluruh utusan Pramuka dari seluruh dunia berkumpul untuk mengasah kerampilan kepramukaan dan keterampilan diri.

“Jadikanlah momen ini sebagai penempaan jati diri untuk menatap masa depan yang penuh tantangan dan dinamika,”

“Selain mewakili Provinsi Riau adik-adik ini juga tergabung dalam Kontingen Indonesia yang tentunya mencerminkan budaya dan bangsa Indonesia yang terkenal dengan bangsa yang ramah, sopan santun, dan menjunjung tinggi etika,” ujar Boby, dikutip Penjurupos dari halloriau Kamis (27/07).

Pihaknya juga mengucapkan selamat kepada peserta untuk mengikuti Jambore Dunia ke-25 tahun 2023 di Korea Selatan.

“Jaga selalu kesehatan dan selamat pergi dan pulang selamat berkarya. Terima kasih kepada pihak gugus depan, kwartir, pihak sekolah, dan orang tua atas dukungan dan partisipasinya sehingga Riau dapat berangkat mewakili Indonesia di Jambore Dunia 25 di Korea Selatan ini,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Riau Kasiarudin menjelaskan dua orang dari 6 peserta yang akan berangkat ini merupakan Pramuka Garuda.

“Jadi kalau Pramuka Garuda itu kualifikasinya sudah di atas standar,” singkatnya.***

Komentar